Pantun Meningkatkan Kecerdasan

Apakah kamu suka membuat pantun? Ada kabar baik. Pantun bisa meningkatkan kecerdasan. Bagaimana proses peningkatan kecerdasan tersebut. Nah, simak baik-baik ya tulisan Gina di bawah ini.

Seperti dikemukakan pakar pendidikan bernama Gardner, setiap manusia memiliki kecerdasan masing-masing. Setidaknya ada delapan jenis kecerdasan. Jadi, jangan kecil hati kalau kamu tidak bisa pada suatu bidang. Pasti ada bidang lain yang kamu kuasai.

Kamu pasti smart pada bidang-bidang tertentu. Misalnya kamu bisa mendengar suatu jenis suara, apa saja, dengan sangat detil. Berarti kamu smart musik. Di situ terdapat bakat kamu.

Sekedar mengingatkan, delapan kecerdasan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Smart Bahasa
  2. Smart Spasial
  3. Smart Musikal
  4. Smart Matematis
  5. Smart Natural
  6. Smart Kinestetik
  7. Smart Interpersonal
  8. Smart Intrapersonal
Kita hanya membahas kecerdasan bahasa saja. 

Smart Bahasa atau Smart Linguistic berkaitan dengan kemampuan dalam menggunakan bahasa. Jika kamu suka puisi, cerpen, novel, pandai berbicara di depan umum, kamu memiliki kemampuan linguistic. Bisa jadi suatu hari kamu menjadi next Mario Teguh. 

Sebuah penelitian, yang ditulis dalam buku Inteligensi Verbal, terungkap bahwa jika kita menaikan tingkat kemampuan bahasa, maka akan meningkatkan kecerdasan lainnya. 

Dalam sebuah riset, anak-anak yang sering membaca mengalami kenaikan tingkat kecerdasan. Bukan hanya kecerdasan bahasanya, melainkan kemampuan matematis dan kecerdasan lainnya. 

Bagaimana peran pantun dalam meningkatkan kecerdasan? Dalam pantun, kita bermain-main dengan kata, ide, dan estetika seni. Kemampuan bahasa diasah setiap kali seseorang menciptakan pantun.

Seorang pemantun seperti melihat seluruh kata-kata yang akan dia gunakan di depan matanya. Pantun sendiri pada dasarnya adalah sebuah ide atau gagasan. Kemudian, gagasan tersebut dihias atau dibingkai dalam estetika seni: dalam rima dan perhitungan suku kata.

Pada akhirnya, seperti berbagai permainan bahasa lainnya, pantun merupakan skill verbal yang pada akhirnya meningkatkan tingkat kecerdasan. 

Untuk lebih memahami pengaruh verbal intelligence terhadap kecerdasan lainnya, silakan baca buku karya Tony Buzan yang berjudul The Power of Verbal Intelligence. Beliau adalah penemu dari sebuah metode terkenal yang disebut Mind Mapping.

Terimakasih atas kunjungannya. Tunggu topik berikutnya yang akan Gina tulis, yakni mengenai Cara Membuat Pantun dengan Mudah.


Iklan

Terkait: